Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles

Whistle Blowing System (WBS)


Merupakan system pelaporan terhadap dugaan pelanggaran yang terjadi di lingkungan Balai Litbang P2B2 Donggala, baik pelanggaran Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Gratifikasi, Benturan Kepentingan dan Pungutan Liar. Istilah whistleblower dapat diartikan sebagai seseorang yang berperan sebagai pengungkap fakta terhadap dugaan pelanggaran yang terjadi. Peran whistleblower sangat besar untuk melindungi negara dari kerugian yang lebih besar sebagai akibat dari pelanggaran hukum/aturan yang terjadi. Dasar hukum Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2000 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 29 Tahun 2014.

Balai Litbang P2B2 Donggala tidak meminta identitas Anda, karena hanya berfokus pada informasi yang Anda laporkan. Agar informasi lebih terjaga perhatikan hal-hal berikut :
Hindari untuk memberikan nama anda atau inisial nama anda atau hubungan anda dengan pelaku-pelaku pelanggaran.
Hindari menggunakan alamat IP jaringan internet yang tidak tersamarkan, gunakan jaringan TOR agar Anda tidak terlacak. Selengkapnya di --> https://www.google.com/search?q=apa+itu+jaringan+anonim+TOR
Hindari memakai komputer kantor, gunakan komputer publik lainnya misalnya komputer warnet atau komputer yang anda percaya.
Hindari memakai gaya bahasa atau gaya tulisan yang dapat menandakan ciri khas diri anda, gunakan gaya bahasa umum atau gaya singkatan pesan singkat (sms/chatting).
Hindari pelacakan metadata terhadap file yang anda upload, jangan gunakan peralatan milik pribadi ataupun milik kantor atau silahkan upload ke suatu alamat website dan silahkan lampirkan dalam tulisan pengaduan anda. Selengkapnya di -> https://www.google.com/search?q=hapus+metadata+file+dokumen

Unsur-Unsur Pengaduan. Pengaduan anda akan lebih mudah kami telusuri apabila terkandung unsur :
(WHAT) Apa pelanggaran yang dilakukan
(WHERE) Dimana pelanggaran dilakukan
(WHEN) Kapan pelanggaran dilakukan
(WHO) Siapa saja yang terlibat dalam pelanggaran
(HOW) Bagaimana pelanggaran dilakukan

Silahkan mengisi pengaduan anda dengan tidak lupa memuat 5 unsur-unsur pengaduan. Dimohon juga peran serta aktifnya dengan turut memberikan ide/solusi atas pengaduan yang anda laporkan. Jika Anda berkenan silahkan menuliskan alamat email untuk berkomunikasi, baik alamat email asli ataupun alamat email palsu.